Bisnis Jasa Pengiriman Barang

Semakin banyak penyedia jasa pengiriman barang, dan bahkan beberapa perusahaan sudah memiliki jaringan luas di seluruh Indonesia. Untuk P*s Indonesia mungkin sudah memiliki jaringan sendiri dengan pembangunan kantor yang sepenuhnya dibiayai perusahaan. Namun bagaimana dengan perusahaan-perusahaan swasta? Tentu saja perusahaan jasa pengiriman barang akan membutuhkan agen pengiriman yang bisa melayani jasa tersebut.

Untuk setiap wilayah, perusahaan pengiriman barang swasta menawarkan kerja sama sebagai agen. Apakah Anda berminat dengan bisnis semacam ini? sangat menarik karena menjadi agen sebenarnya potensi untuk merugi sangatlah kecil. Sampai saat ini sepertinya peluang menjadi agen jasa pengiriman barang seperti T*ki, JN*, dan lain-lain masih cukup menjanjikan. Terutama karena saat ini semakin banyaknya orang yang banyak melakukan transaksi jarak jauh via online yang menjadikan jasa pengiriman barang menjadi sangat dibutuhkan.

bisnis jasa pengiriman barang

Jika Anda berminat mencoba bisnis jasa pengiriman barang ini, ada banyak hal yang perlu diperhatikan Anda. Hal pertama adalah mentukan daerah operasi dari agen Anda, dan apakah akses transportasi yang dapat dijangkau. Sebaiknya agen pengiriman barang berada di area strategis, dekat perkantoran, pasar, pertokoan atau kampus. Karena banyak pengguna jasa ini yang merupakan para pedagang maupun pebisnis. Perhatikan juga bagaimana kendaraan pengiriman yang bisa menuju ke tempat Anda, apakah bisa diakses truk besar, atau hanya dapat diakses oleh mobil biasa.

Dari berbagai sumber yang kami peroleh, untuk bergabung menjadi agen atau mitra dari agen pengiriman barang memang harus ada dana yang Anda sediakan. Bisa sekitar Rp. 5 juta rupiah untuk digunakan sebagai dana promosi, perijinan maupun kebutuhan lain. Namun terkadang ada pula perusahaan yang juga memator harga Rp. 10 juta yang bisa dimanfaatkan sebagai dana jaminan. Dana tersebut bisa dikembalikan penuh apabila habis masa kontrak yang sudah disepakati. Mengenai kebutuhan lain memang pihak agen harus mempersiapkan sendiri, seperti keperluan operasional kantor maupun gedung.

Bagi Anda yang memang masih awam dengan bisnis pengiriman barang ini, tidak perlu khawatir. Sebelum Anda menjalankan bisnis ini, sebelumnya akan disurvei dan juga diberikan pelatihan khusus bagaimana menjalankan usaha pengiriman barang. Juga akan diberitahu mengenai apa saja dan bagaimana tugas maupun wewenang dalam sebuah agen pengiriman barang. Bagi agen-agen yang masih pemula serta masih hanya fokus pada layanan pengiriman saja, untuk wilayah tingkat kecamatan omset bulanan yang didapat bisa mencapai jutaan. Sedangkan untuk agen yang sudah bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan besar omset yang didapat bisa mencapai puluhan juta.

Yang pasti, tawaran bisnis menjadi agen jasa pengiriman barang sangat terbuka bagi semua kalangan. Selain itu kelebihannya, untuk menjalaninya tidak harus membutuhkan keahlian yang khusus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.