Cara Aman Kirim Mobil Antar Pulau

Kirim mobil antar daerah atau antar pulau tentunya akan sangat beresiko jika Anda tidak tau bagaimana tips dalam mengirim barang yang satu ini. Disamping memilih jasa cargo kirim mobil yang terbaik, Anda juga perlu melakukan berbagai hal agar mobil Anda bisa selamat sampai tujuan. Berikut ini beberapa cara aman kirim mobil dengan jasa kirim mobil:

  1. Inventarisir barang barang di dalam Mobil

Inventarisir barang-barang yang ada di dalam mobil dan juga di bagasi, terutama barang-barang pribadi yang cukup berharga. Biasanya mobil yang dikirim untuk keperluan dinas ataupun pindah rumah ada saja barang barang pribadi yang dikirim bersamaan dengan tujuan menekan biaya transportasi barang semacam : buku,computer,stereo set,atau accessories lainnya.Pendataan barang barang yg dikirim bersamaan dengan mobil adalah untuk  laporan ke pihak asuransi.Seandainya dari nilai barang yang hilang memenuhi persyaratan untuk diganti,maka Asuransi akan mengganti barang yang hilang tersebut.

  1. Cuci mobil dan foto

Cuci bodi mobil dengan hati-hati. Cuci dan periksa eksterior mobil yang akan dikirim. Catat dan perhatian tiap cacat/rusak yang sudah ada. Jika perlu, foto dan dokumentasikan, termasuk foto seluruh mobil dari berbagai sudut. Jika terjadi situasi yang tidak diinginkan pada waktu kirim mobil, dokumentasi foto itu bisa dipakai sebagai bukti klaim. Dalam proses serah terima di surat jalan ada catatan klo mobil sdh tergores atau belum ,untuk memudahkan proses klaim ke asuransi nantinya.

  1. Periksa mesin

Pada waktu proses bongkar muat ada kalanya mobil mungkin harus dikendarai, jadi pastikan kondisi mesin dan sistem penggerak lainnya dalam kondisi baik. Periksalah bagian aki, ban, oli mesin, oli gearbox, gardan, pendingin, dll. Beritahukan kepada perusahaan yang melakukan kirim mobil, masalah yang mungkin muncul atau pernah dialami mobil sehingga mereka lebih siap.

  1. Matikan Alarm

Yang terakhir, matikan alarm mobil. Kalau tidak tahu caranya, hubungi pemasangnya atau dealer mobilnya. Jika anda lupa tapi sudah kirim mobil, pastikan pengirimnya diberi tahu bagaimana cara me-non aktifkannya.

  1. Pilih Asuransi Terpercaya

Langkah dalam memilih perusahaan asuransi untuk pengiriman mobil tidak mudah, kadang pengirim hanya diberikan informasi yang umum saja mengenai soal premi yang murah,jaminan yang didapatkan tapi tidak secara specific mengenai asuransi khusus untuk pengiriman mobil.Apakah proses perjalanan pengiriman itu sudah tercover asuransinya belum,jika terjadi keadaan yang tak terduga di dermaga, di dalam kapal,proses bongkar muat ?? Untuk soal ini sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke pihak Perusahaan Jasa Pengiriman tesebut,biarkan perusahaan jasa pengiriman tersebut memilih asuransi yang terbaik untuk anda.

 cargonesia-banner

Sebagian besar perusahaan jasa pengiriman mobil biasanya dilengkapi dengan kapal super besar atau disebut juga kapal Roro, yang khusus dimuati oleh kendaraan roda empat, baik yang bertipe sedang maupun menengah. Pilih lah jasa kirim mobil yang memiliki cara kerja yang profesional, fasilitas sarana dan prasarana yang memadai, serta dilengkapi dengan tarif yang sesuai dan asuransi yang jelas, maka Anda tidak akan merasa khawatir selama dalam perjalanan. Jangkauan area kirim yang luas pun menjadi pilihan utama bagi Anda untuk memilih. Sebelum berangkat, pastikan Anda mendapatkan solusi asuransi terpercaya dari perusahaan asuransi mobil pilihan Anda.

Dapatkan informasi secara lengkap tentang premi asuransi yang Anda dapatkan. Jangan sampai Anda memilih fasilitas premi yang murah namun jangkauan pelayanan tidak semaksimal yang Anda inginkan. Pilih fitur premi yang sesuai dengan jenis kendaraan Anda, seleksi bahaya-bahaya apa yang akan terjadi sewaktu pengiriman mobil berlangsung. Dengan begitu Anda akan merasa tenang dan mobil juga selamat sampai di tempat tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.