Cargo Garuda Indonesia Raih Peningkatan 11 %

Jasa Cargo .Garuda Indonesia Cargo mencatat angka pertumbuhan yang sangat berarti dalam dua puluh empat bulan terakhir, yaitu sebanyak 11 persen pada 2012 dengan nilai kontribusi ke induk perusahaan sebesar Rp 2 triliun.

cargo garudaVice President Strategic Business Unit (SBU) Garuda Cargo Rajendra Kartawiria, setelah memberikan penghargaan kepada 32 agen kargo terbaik seluruh Indonesia dan Asia, di Bandung, akhir minggu lalu, mengatakan, angka itu akan terus meningkat sejalan dengan rencana perseroan menyiapkan pesawat khusus kargo dengan kapasitas angkut 65-80 ton.

“Angka pertumbuhan 11 persen itu kan karena kami masih menggunakan pesawat penumpang. Tapi, kalau sudah ada pesawat khusus angkutan cargo, jumlahnya pasti lebih besar dan tidak lagi ketergantungan dengan rute pesawat penumpang,” katanya.

Berdasarkan data, meningkatnya pertumbuhan angkutan barang oleh pesawat-pesawat Garuda, dipicu oleh penjualan agen cargo domestik, yang tumbuh sebesar 10 persen. Sementara, untuk internasional sebesar 11 persen selama 2012. Angka itu lebih tinggi dibanding tahun-tahun sebelumnya, yang hanya berada padda kisaran 8-10 persen.

Rajendra mengakui, kegiatan angkutan cargo oleh pesawat-pesawat Garuda, tujuan domestik dan Internasional masih didominasi Jakarta, sebesar 45 persen. Selebihnya berasal dari kawasan Timur Indonesia, berupa hasil laut dengan rata-rata pengiriman 15 ton ke sejumlah negara di Asia.

Di antaranya, Tokyo, Hong Kong dan Korea, selebihnya masuk ke Timur Tengah. “Barang dari luar yang kami angkut biasanya spare part kendaraan, terutama Korea dan Jepang,” kata dia.

Naiknya pertumbuhan pengiriman cargo Garuda Indonesia, juga didorong oleh pengembangan rute penerbangan. Yaitu domestik, regional, serta internasional. Dengan begitu, para pelaku usaha akan lebih mudah menggunakan pesawat Garuda, dalam pengiriman barang ketimbang maskapai penerbangan lain, yang masih sangat terbatas.

Tiga Agen

Apresiasi itu juga memberikan penghargaan utama kepada tiga agen dari 32 agen terbaik, yaitu PT Pandu Siwi Sentosa (domestik), PT Anugerah Tangkas Transportindo (internasional), dan PT Adhya Avia Prima (domestik).

“Kami telah melayani pengiriman barang ke 44 kota besar domestik dan 22 rute internasional. Bahkan, kami telah menjadikan Medan sebagai hub, untuk melayani pengiriman ke sejumlah kota domestik dan internasional,” tutur Rajendra.

Saat ini, Garuda Cargo telah mengoperasikan 27 Cargo Service Center (CSC), yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Di antaranya Medan, Jambi, Tanjung Karang, Jakarta, Bandung, Jogja, Solo, Semarang Surabaya, Denpasar, Balikpapan, Banjarmasin, Kupang, Jayapura, Timika, dan Tangerang.

Cargo Service Center merupakan layanan Garuda Cargo yang berfungsi sebagai Sarana Promosi sekaligus Pusat Layanan Cargo dan Outlet Penjualan. Melalui layanan tersebut, SBU Garuda Cargo akan melayani pengiriman barang dari City to Door dan City to City, di mana Cargo Service Center berfungsi sebagai Drop and Pick up Point. Selain itu, melalui layanan ini, para pengguna jasa dapat melakukan pengiriman dan pengambilan barang atau dokumen di Cargo Service Center terdekat tanpa harus datang ke bandara.

Leave a Reply

Your email address will not be published.