Expedisi Kapal Laut ke Sulawesi Barat yang Murah dan Cepat Hanya Cargonesia

Expedisi melalui laut memang menjadi pilihan terbaik untuk kiriman barang dalam jumlah yang besar, karena kapasitas pengiriman via laut jauh lebih besar dibanding lewat darat maupun udara. Bahkan untuk beberapa jenis barang seperti alat-alat berat, peralatan pertambangan, proyek migas dan beberapa jenis barang yang lain, hanya bisa dikirim  dengan menggunakan jasa pengiriman laut. Satu lagi kelebihan dari penggunaan kapal laut adalah biaya kirim yang lebih murah dibandingkan dengan sarana transportasi darat dan udara.

 

Sulawesi Barat adalah satu daerah di Indonesia yang sering dijadikan destinasi pengiriman barang melalui laut karena untuk menjangkau daerah ini dari Jakarta harus melalui laut Jawa. Seiring berkembangnya daerah Sulbar ini banyak jasa pengiriman yang melayani pengiriman ke Sulbar. Cargonesia adalah salah satu jasa pengiriman yang memberikan layanan expedisi kapal laut ke Sulawesi Barat yang murah dan cepat, serta melayani seluruh wilayah Sulawesi Barat, mulai dari Majene, Mamasa, Mamuju, Mamuju Tengah, Mamuju Utara hingga Polewali Mandar.

 

Beberapa dari kelebihan pengiriman barang ke Sulbar ini diantaranya adalah jenis kapal yang digunakan serta jenis layanan yang diberikan. Berikut beberapa kelebihannya.

 

Kapal Cepat PELNI dan Kapal Ro-Ro

Penggunaan Kapal Cepat PELNI untuk expedisi via kapal laut tidak hanya membuat waktu pengiriman dapat dilakukan dengan cepat tapi juga tepat. Hal ini disebabkan karena armada pelayaran nasional ini merupakan BUMN dengan waktu keberangkatan yang terjadwal dan kecil kemungkinan untuk menunda jadwal keberangkatan kecuali cuaca laut yang sedang buruk atau kondisi farce major seperti bencana alam. Pada saat bongkar muat barangpun Kapal PELNI mendapatkan prioritas di setiap pelabuhan, sehingga pengiriman barang dapat dilakukan dengan lebih cepat.

 

Jenis transportasi kedua yang digunakan Cargonesia adalah kapal ro-ro (roll on – roll off) yang merupakan kapal angkutan penumpang sekaligus untuk mengangkut barang. Jenis kapal ini selain memiliki jadwal keberangkatan tetap, biayanya juga lebih murah dibanding kapal container. Murahnya tarif kapal ro-ro karena Bahan Bakar Minyak (BBM) yang digunakannya adalah BBM bersubsidi, sementara kapal container menggunakan BBM dengan tarif industri. Penggunaan BBM bersubsidi itulah yang memangkas biaya kirim, sehingga tarif yang berlaku di Cargonesia untuk pengiriman barang lewat laut menjadi lebih cepat dan lebih murah.

 

Service yang Menarik

Layanan yang diberikan Cargonesia untuk expedisi menggunakan kapal laut juga memiliki daya tarik tersendiri karena tidak adanya batasan berat barang. Berapapun barang yang akan dikirim ke Sulawesi Barat akan dilayani oleh Cargonesia dengan cepat dan murah.  Sistem pelayanan yang fleksibel tanpa terikat oleh banyak dan beratnya barang ini dapat dilakukan karena cargo yang digunakan terbagi atas dua jenis yaitu LCL (Less than Container Loaded) dan FCL (Full Container Loaded).

 

Bagi mereka yang mengirim barang dalam jumlah yang sedikit, dalam arti kurang dari 1 kontainer, maka akan digunakan  cargo LCL dengan menempatkan barang tersebut ke dalam satu kontainer dengan barang-barang milik pengirim yang lain. Model cargo yang dihitung berdasarkan kubikasi ini akan membuat biaya kirim menjadi murah, meski membutuhkan waktu kirim sedikit lebih lama  karena harus memilah-milah barang pada saat dilakukan bongkar muat barang.

 

Untuk yang mengirim barang dalam jumlah besar dan memenuhi 1 kontainer, digunakan cargo FCL, yaitu dengan menggunakan kontainer khusus untuk barang dari satu orang pengirim. Expedisi kapal laut dengan menggunakan cargo FCL ini tarifnya memang sedikit lebih mahal dibandingkan cargo LCL, tapi kelebihannya memiliki lama waktu pengiriman yang lebih cepat. (*)