Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Menggunakan Jasa Ekspedisi untuk Kirim Mobil ke Yogyakarta

Bermaksud mengirim mobil ke lain daerah atau ke luar pulau di Indonesia? Jangan terburu-buru membawa kendaraan ke perusahaan jasa expedisi kirim mobil. Perhatikan dulu beberapa hal berikut ini, agar mobil yang Anda kirimkan dapat selamat sampai tujuan tanpa kurang suatu apapun.

 

  1. Cuci Mobil dan Ambil Gambarnya

Sebelum menghubungi jasa ekspedisi, cuci mobil terlebih dahulu hingga bersih dan periksa seluruh eksterior dari mobil yang akan dikirim. Selanjutnya, ambil gambar mobil disetiap bagiannya secara menyeluruh tanpa ada satupun yang ketinggalan dengan menggunakan kamera. Dokumentasi dari mobil yang akan dikirim tersebut ada kemungkinan akan dibutuhkan, jika terjadi sesuatu terhadap mobil selama proses kirim. Karena foto dapat dijadikan sebagai salah satu barang bukti dalam melakukan klaim.

 

  1. Periksa dan Inventarisir Barang yang Ada Didalam Mobil

 

Banyak faktor yang membuat seseorang harus mengirim mobil, bisa karena urusan dinas, dalam rangka pindah rumah atau karena alasan yang lain. Untuk mereka yang mengirim mobil karena pindah rumah, biasanya akan memasukkan barang-barang berharga ke dalam mobil, seperti komputer, laptop, home theatre dan berbagai aksesoris yang lain. Tujuannya, selain beban yang harus dibawa selama perjalanan tidak terlalu berat dan merepotkan, juga untuk menghemat biaya pengiriman.

 

Menempatkan beberapa barang di dalam begasi dan bagian dalam mobil, memang diperbolehkan oleh jasa expedisi pengiriman mobil, sepanjang barang-barang tersebut tidak masuk dalam kategori barang yang dilarang. Namun demikian, Anda tidak boleh meletakkannya begitu saja tanpa terlebih dahulu memeriksa satu persatu barang serta menginventarisirnya. Data tersebut selanjutnya dilaporkan kepada pihak asuransi, sehingga jika ada salah satu atau lebih barang yang hilang, pemilik mobil berhak mengklaim dan akan menerima ganti rugi dari pihak asuransi senilai barang yang hilang tersebut.

 

  1. Periksa Kondisi Mesin dan Isi Bahan Bakar

Pastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan normal, karena dalam proses bongkar muat ada kemungkinan mobil harus dikendarai untuk dipindahkan dari atau ke cargo. Jika terdapat sedikit permasalahan pada mesin, beritahu pihak perusahaan ekspedisi, permasalahan apa yang terkadang muncul pada mobil tersebut. Tujuannya agar mereka lebih siap dan tahu bagaimana cara mengantisipasi jika permasalahan tersebut muncul selama proses pengiriman.

 

Jangan lupa untuk mengisi bahan bakar sekitar seperempat dari total isi tangki, karena kalau tangki bahan bakar kosong tentunya mobil tidak dapat dipindahkan oleh petugas ekspedisi mobil pada saat dibutuhkan. Bahan bakar tersebut juga diperlukan pada saat akan dikendarai menuju ke tempat tujuan atau setidaknya menuju ke tempat pengisian bahan bakar terdekat.

 

  1. Matikan Alarm

Jangan lupa bahwa pada saat pengiriman mobil, petugas ekspedisi butuh akses untuk masuk ke dalam mobil guna memindahkan mobil dari atau ke cargo, atau untuk kepentingan yang lain. Jika alarm tidak dimatikan, tentunya akan menghambat proses pengiriman. Sebenarnya Anda juga bisa memberikan kunci alarm kepada petugas ekspedisi, namun tidak semua awak ekspedisi mengerti tentang cara pengaturan alarm, karena tugas mereka memang hanya fokus pada pengiriman mobil. Itu sebabnya alarm mobil sebaiknya dimatikan.

 

  1. Pilih Perusahaan Ekspedisi Terbaik

Memilih jasa ekspedisi murah terbaik sangat penting untuk dilakukan karena keamanan dan keselamatan mobil Anda juga tergantung dari  seberapa baik kinerja dari awak ekspedisi. Salah satu jasa ekspedisi pengiriman mobil yang layak untuk direkomendasikan adalah Cargonesia, terlebih untuk tujuan ke seluruh wilayah yang ada di Provinsi DI Yogyakarta.

 

Perlu diketahui bahwa Cargonesia lewat jasa expedisi kirim mobil murah ke Yogyakarta, dapat mengirim mobil ke berbagai daerah yang tersebar di seluruh wilayah DIY, mulai dari Kota Yogyakarta, Kabupaten Gunung Kidul, Kulon Progo, Sleman dan Kabupaten Bantul. Dengan adanya kantor perwakilan di setiap Kabupaten / Kota, membuat pihak pengirim akan dapat lebih mudah dalam mengakses proses pengiriman mobil, melakukan klaim jika memang dibutuhkan atau untuk urusan lainnya. Selain itu, dengan tersebar meratanya kantor perwakilan, membuat mobil yang dikirim dapat diantar langsung ke alamat yang dituju. (*)