Jasa pengiriman barang cargo

Jasa pengiriman barang selain digunakan oleh pihak perorangan juga dikenal sering dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan besar. Untuk perusahaan besar pemroduksi barang tentunya akan menggunakan jasa pengiriman barang cargo. Lalu, apakah itu cargo? Cargo merupakan semua jenis barang (goods) yang bisa dikirim lewat jalur transportasi udara seperti pesawat terbang, jalur transportasi laut seperti kapal, atau jika menggunakan transportasi darat menggunakan truk container besar.

Harga pengiriman mobil

Barang yang termasuk cargo biasanya disuplai untuk diperdagangkan kembali, baik itu sampai antarwilayah atau kota di dalam negeri maupun bisa dijual antarnegara atau internasional. Inilah yang kita dikenal dengan istilah barang ekspor-impor. Jadi apakah semua barang yang dalam kiriman besar itu disebut cargo? Tidak karena benda-benda pos serta bagasi penumpang dalam transportasi umum tidak disebut cargo. Intinya, barang-barang cargo diperdagangkan baik didalam negeri maupun ekspor-impor, atau bisa juga untuk keperluan lainnya yang bersifat nonkomersial.

Selain itu, perlu diketahui sebelum Anda melakukan pengiriman barang cargo, harus dilengkapi dengan dokumen pengangkutan seperti SMU maupun Air Way Bill sebagai legalitas. Dalam pengiriman barang cargo ada beberapa pihak utama yang terkait, diantaranya adalah sang pihak pengirim atau disebut shipper, serta pihak penerima yang disebut consignee. Selain itu, ada pula yang namanya pihak pengangkut maupun pihak ground handling serta warehouse operator.

Pengiriman tentu sering melibatkan perusahaan jasa pengiriman barang cargo yang diantaranya seperti perusahaan jasa pengiriman yang dikenal dengan konsep total logistic service yang jumlahnya sangat banyak. Sedangkan untuk area domestic ada jasa pengiriman barang juga bisa Anda manfaatkan lagi untuk kebutuhan lokal. Cargo juga sering diklasifikasikan menjadi dua jenis, yakni General cargo dimana ini adalah barang-barang kiriman biasa yang tidak terlalu memerlukan penanganan khusus dalam proses pengirimannya.

Meski demikian, tetap diwajibkan untuk memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan dan diperhatikan aspek safety. Kedua adalah Special cargo yang merupakan barang-barang kiriman, namun memerlukan penanganan sangat khusus atau disebut special handling. Beberapa contohnya adalah live animals, perishable goods, human remain, valuable goods, maupun dangerous goods.

Leave a Reply

Your email address will not be published.