Jasa Pengiriman Via Laut ke Papua dengan Kapal Cepat PELNI

Jasa pengiriman via laut ke Papua menjadi pilihan terbaik bagi mereka yang akan mengirimkan barang, mengingat propinsi yang berada di ujung paling timur Indonesia ini tidak memungkinkan untuk ditempuh dengan jalur darat, sedang untuk jalur udara, selain biaya kirim yang mahal, kapasitas barang yang dikirim juga terbatas. Berbeda dengan jalur laut, berapapun berat barang yang dikirim dan dalam bentuk apapun barang tersebut dapat difasilitasi dengan sarana transportasi kapal laut.

 

Pilihan terbaik bagi mereka yang membutuhkan jasa ekspedisi ke Papua dengan menggunakan jalur laut adalah memanfaatkan jasa PT Cargonesia Utama Trans. Dengan kantor perwakilan, cabang dan agen yang tersebar merata di seluruh wilayah di Papua, membuat pengiriman dapat dilakukan kemana pun, bahkan ke daerah terpencil sekalipun sepanjang masih bisa ditempuh  dengan sarana transportasi.

 

Luasnya cakupan area pengiriman di wilayah Papua, disebabkan karena service center Cargonesia tersebar merata di seluruh daerah, mulai dari Jayapura, Keerom, Asmat, Biak Numfor, Deriyai, Boven Digoel, Dogiyai, Intan Jaya, Jayawijaya, Kepulauan Yapen, Lanny Jaya, Mamberamo Raya, Mamberamo Tengah, Mappi, Merauke, Mimika, Nabire, Nduga, Paniai, Pegunungan Bintang, Puncak, Puncak Jaya, Sarmi, Supiori, Tolikara, Waropen, Yahukimo sampai dengan Kabupaten Yalimo.

 

Cakupan area yang luas itu pula yang menjadikan pelayanan yang diberikan Cargonesia untuk jasa pengiriman lewat laut di Papua sama dengan yang diberikan untuk wilayah-wilayah lain, yaitu layanan door to door. Sehingga barang yang dikirim dari Jakarta akan diantarkan langsung ke tempat tujuan, tanpa ada tambahan biaya, kecuali untuk barang yang beratnya melebihi batas normal atau tidak dapat diangkat secara manual, maka pihak penerima barang harus menyediakan sendiri tenaga untuk membongkar barang.

 

Kecepatan pengiriman barang untuk tujuan Papua juga relatif cepat meski tidak secepat menggunakan sarana transportasi udara. Cepatnya pengiriman barang tersebut disebabkan karena sarana transportasi yang digunakan Cargonesia adalah Kapal Cepat PELNI yang memiliki jadwal keberangkatan yang tetap, sehingga waktu kedatangan barang dapat diperkirakan, kecuali cuaca di laut dalam keadaan buruk atau adanya kondisi force major seperti bencana alam yang membuat jadwal keberangkatan kapal tertunda.

 

Penggunaan kapal milik armada pelayaran nasional untuk ekspedisi pengiriman via laut ini juga sangat membantu dari sisi kecepatan bongkar muat barang di pelabuhan, karena kapal milik BUMN ini selalu diberi prioritas, sehingga membuat proses bongkar muat barang dapat berlangsung dengan lebih cepat yang berdampak pula pada cepatnya pengiriman ke tempat tujuan. Selain itu, tarif transportasi yang diberlakukan PELNI juga lebih murah dibandingkan kapal kontainer, karena BBM yang digunakan Kapal PELNI menggunakan BBM bersubsidi sementara kapal kontainer menggunakan BBM dengan tarif industri yang harganya lebih mahal.

 

Murahnya tarif Kapal PELNI tersebut berimbas pada murahnya tarif pengiriman yang dibebankan Cargonesia pada pelanggan. Dikatakan murah, karena ongkos kirim barang yang berlaku di Cargonesia dengan tujuan Papua mulai dari Rp.15.000 – Rp.20.000 dengan batas minimal pengiriman barang 100 kg. Adapun lama pengiriman tergantung dari jarak yang harus ditempuh oleh armada transportasi dengan perkiraan waktu paling cepat 7 hari dan paling lambat 14 hari.

 

Sementara untuk jenis barang yang bisa dikirim dengan jasa pengiriman via laut menggunakan Kapal PELNI ini tidak dibatasi, mulai dari barang-barang perdagangan, garment, spare part, paket retail sampai dengan alat berat, peralatan untuk proyek migas, pertambangan, serta yang lain. Tentunya bukan barang-barang yang dilarang oleh hukum dan undang-undang. (*)