Melihat Potensi Ekonomi yang Dimiliki Balikpapan

Balikpapan merupakan sebuah kota di provinsi Kalimantan Timur. Kota ini sendiri pertama kali diresmikan pada tahun 1987 silam. Jumlah penduduk di Balikpapan mencapai 700 ribu jiwa lebih. Bersama dengan kota Samarinda dan Bontang, Balikpapan merupakan daerah paling penting di provinsi Kalimantan Timur dan juga pulau Kalimantan.

Salah satu hal unik yang melekat pada kota ini adalah cerita tentang biaya hidup yang mahal. Balikpapan dipercaya sebagai kota dengan biaya hidup paling mahal di Indonesia. Harga sandang, pangan dan papan di kota ini terbilang mahal dibandingkan kota-kota lainnya di Kalimantan Timur dan juga Indonesia secara keseluruhan.

Secara geografis, wilayah Balikpapan terdiri dari perbukitan dan juga dataran rendah. Kota ini berbatasan langsung dengan selat Makasaar di bagian selatan dan timur wilayahnya. Dari sisi administratif, Balikpapan dibedakan ke dalam 6 kecamatan, yaitu Balikpapan Timur, Balikpapan Utara, Balikpapan Barat, Balikpapan Utara, Balikpapan Tengah dan Balikpapan Kota.

Dari segi perekonomian, Balikpapan sangat bergantung pada industri minyak dan gas. Balikpapan memiliki kilang minyak yang mampu mengolah minyak mentah dari berbagai Negara di dunia. Minyak-minyak mentah dari Libya, Arab Saudi, Nigeria dan Brunei Darussalam diolah di kilang minyak yang ada di Balikpapan.

Selain di industri migas, perekonomian Balikpapan juga bergantung pada sektor perdagangan barang dan jasa. Sebagai salah satu kota terbesar di Kalimantan Timur, Balikpapan memiliki banyak pusat perbelanjaan modern. Tak hanya itu saja, Balikpapan juga menjadi pusat distribusi berbagai macam barang dari dan ke Kalimantan Timur.

Kota Balikpapan juga memiliki beberapa produk unggulan di bidang ekonominya. Produk unggulan utamanya adalah perikanan. Balikpapan mempunyai wilayah perairan yang cukup luas dan mempunyai potensi yang luar biasa. Sampai saat ini, Balikpapan menjadi kota penghasil berbagai macam jenis ikan laut, khususnya ikan Kerapu.

Walaupun di kenal sebagai kota yang mahal namun potensi dalam bidang ekonomi yang dimiliki oleh Balikpapan sangatlah besar karena di topang oleh gaji dan standar pendapatan di kota ini yang juga tinggi. Penduduk Balikpapan sering melakukan transaksi dengan berbagai kota besar di Kalimantan dan kota besar lainnya di Indonesia. Pengiriman barang pun menjadi salah satu objek vital yang menopang ekonomi Balikpapan dengan kota lainnya di Indonesia, barang-barang dari beberapa kota besar di Indonesia di kirim ke Balikpapan melalui jasa ekspedisi cargo murah maupun jasa kirim barang murah. Jenis barangnya dari mulai barang modern yang belum dapat di temukan di Balikpapan hingga barang komoditi daerah lainnya yang menarik bagi warga Balikpapan.

Di Jakarta cukup banyak perusahaan yang melayani pengiriman barang murah ke Balikpapan, salah satunya adalah Cargonesia yang berpengalaman dalam mengirimkan barang ke berbagai daerah di Indonesia. Salah satunya adalah kota Balikpapan. Dalam pengiriman barang ke Balikpapan barang akan di packing dengan rapi sehingga dapat sampai ke tempat tujuan dengan kondisi yang baik.