Mengenal Bontang sebagai Kota Industri di Kalimantan Timur

Bontang merupakan sebuah kota yang berada di provinsi Kalimantan Timur. Kota ini mempunyai luas 497 kilometer persegi, dengan total populasi mencapai 170 ribu jiwa lebih. Kota ini sendiri pertama kali berdiri pada tahun 1999 lalu, tepatnya tanggal 12 Oktober 1999. Sebelum menjadi kota, Bontang merupakan perkampungan biasa.

Kota Bontang merupakan salah satu kota paling penting di provinsi Kalimantan Timur. Bersama dengan Balikpapan dan Samarinda, Bontang menjadi penggerak perekonomian di daerah Kalimantan Timur dan pulau Kalimantan secara garis besar.

Bontang sendiri adalah kota industri yang perkembangannya sangat pesat dari tahun ke tahun. Sebagai kota Industri, mayoritas penduduk Bontang berprofesi sebagai pedagang. Selain dalam bidang perdagangan, tenaga kerja juga terserap dalam bidang pertanian dan bidang pertambangan.

Di Bontang sendiri terdapat tiga perusahaan raksasa Indonesia. Perusahaan yang pertama adalah Badak NGL yang bergerak dalam produksi Gas Alam. Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan pengolah gas alam cair atau Liquid Natural Gas (LNG) terbesar di dunia. Perusahaan ini menyumbang banyak devisa bagi pemerintah kota Bontang dan juga pemerintah Indonesia.

Selanjutnya ada perusahaan Pupuk Kalimantan Timur atau PKT Bontang. Perusahaan ini bergerak dalam bidang pertanian, khususnya dalam pembuatan dan pengolahan pupuk tanaman. PKT Bontang memproduksi pupuk urea dan amoniak untuk bidang pertanian. Dalam perkembangannya, Pupuk Kaliamantan Timur juga memproduksi pupuk organik.

Perusahaan raksasa yang terakhir adalah Indominco Mandiri yang bergerak dalam bidang pertambangan, tepatnya batu bara. Perusahaan pertambangan ini merupakan salah satu perusahaan tambang yang paling elit di Kalimantan dan Indonesia. Perusahaan ini memasok batu bara di beberapa Negara di kawasan Asia seperti Jepang, Taiwan dan Korea Selatan.

Ketiga perusahaan tersebut menyerap banyak tenaga kerja dari masyarakat Bontang dan juga ikut menggerakkan roda perekonomian di daerah tersebut. Selain itu, tiga perusahaan raksasa tersebut  juga memberikan sumbangsih dalam hal pengembangan sarana dan pra sarana yang ada di kota Bontang, mulai dari pembangunan jalan, pelatihan sumber daya manusia, hingga menyumbang pendapatan daerah.

Bontang merupakan kota industri yang mengalami perkembangannya sangat siginifikan. Bersama dengan Samarinda dan Balikpapan, Bontang adalah penggerak ekonomi utama di provinsi Kalimantan Timur dan juga pulau Kalimantan. Dengan potensi ekonomi dan industri Bontang yang sangat besar maka wajar jika perkembangan bisnis di kota ini sangat berkembang dengan pesat.

Lingkup transaksi ekonomi yang di lakukan pun tidak hanya terbatas pada kota Bontang dan Kalimantan saja namun sudah merambah hingga ke Jawa, Sulawesi dan daerah besar lainnya. Seiring dengan permintaan yang semakin besar maka semakin banyak pula jasa ekspedisi cargo murah yang dilakukan dari Jakarta ke kota ini.

Jenis pengiriman barangnya pun beragam dari mulai darat laut dan udara, mengingat infrastruktur dari kota makmur ini sangat baik. Salah satu perusahaan yang melayani jasa pengiriman barang murah ke Bontang adalah Cargonesia, yang merupakan jasa pelayanan terpercaya yang sudah memiliki pengalaman dan pelayanan yang prima.