Penajam Paser Utara, Kabupaten Termuda di Kaltim

Kabupaten Penajam Paser Utara merupakan kabupaten termuda di Kalimantan Timur. Sebuah kabupaten yang merupakan pemekaran dari Kabupaten Pasir (sekarang bernama Kabupaten Paser) di tahun 2002. Memiliki 4 kecamatan yaitu kecamatan Penajam, Waru, Babulu dan Sepaku yang terdiri dari 30 desa dan 24 kelurahan.

Penajam adalah ibu kota dari Kabupaten Penajam Paser Utara. Kota Penajam berbatasan dengan kota Balikpapan melalui perairan Teluk Balikpapan. Dari Balikpapan, Penajam dapat diakses sekitar 15 menit dengan jalur laut menggunakan speed boad atau kapal ferri.

Secara garis besar, penduduk Kabupaten Penajam Paser Utara adalah pendatang dari Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara Timur (NTT) sedangkan sisanya adalah suku asli Dayak, Sunda dan Buton. Bisa dikatakan Kabupaten Penajam Paser Utara adalah multietnis. Sehingga tidak salah jika memiliki moto Benuo Toka  yang berarti “daerah kita” dalam bahasa Dayak Asli.

Masyarakatnya memiliki mata pencaharian yang beragam, dan bergerak pada beberapa sektor penting, seperti pertanian, pertambangan, perdagangan, jasa dan pariwisata. Dari data tahun 2011, Kabupaten Penajam Paser Utara memiliki laju pertumbuhan ekonomi yang cukup baik. Pertumbuhan terbaik dihadirkan oleh sektor jasa, yaitu jasa pengangkutan dengan peningkatan sebesar 39,53 % dari tahun sebelumnya.

Sebagai sebuah kabupaten yang baru, semangat serta produktifitas yang baru pun bergema di kabupaten yang memiliki jumlah penduduk sekitar 66.000 jiwa ini. Perdagangan dan jasa adalah dua hal yang menjadi sendi penting pertumbuhan ekonomi di Penajam. Hal ini di tunjang dengan posisi geografis penajam yang strategis dekat dengan beberapa kota besar di Kalimantan Timur seperti Balikpapan.

Adanya sebuah rencana jembatan penghubung antara Balikpapan dengan Penajam juga diharapakan bisa menjadi salah satu motor penggerak ekonomi Penajam menuju ekonomi yang lebih baik. Penajam sebagai kota penopang Balikpapan tumbuh menjadi penyedia pengangkutan yang vital. Pertumbuhan ekonomi pun berkembang hingga ke berbagai daerah yang melayani transaksi dan pengiriman barang ke Penajam.

Adapun barang pengiriman yang di kirim dapat berupa komoditi utama Penajam atau pemenuhan kebutuhan masyarakat Penajam dari kota besar baik di Kalimantan maupun hingga ke Jawa. Jenis pengirimannya biasanya menggunakan jalur laut melalui jalur teluk Balikpapan yang sibuk. Karena Penajaman adalah sebuah kota yang strategis maka banyak jasa pengiriman barang murah yang memiliki jasa hingga ke daerah ini salah satunya adalah Cargonesia.

Jasa pengiriman ini biasanya di gunakan oleh pengusaha yang sering mengirimkan komoditi ke kota besar seperti Jakarta atau bisa juga warga Jakarta/Penajam yang mengirim komoditi barang modern dari Jakarta ke Penajam. Walaupun jaraknya jauh namun semua barang sudah di packing dengan rapih dan layanan pengiriman yang baik sehingga barang dapat sampai di Penajam dengan selamat.