Peningkatan pelanggan jasa pengiriman jasa di DIY

Perkembangan teknologi online saat ini memicu pertumbuhan industri jasa pengiriman di DIY hingga 25%. Hingga kini, jumlah terdapat sekitar 100 perusahaan jasa pengiriman di DIY dengan omzet rata-rata meningkat hingga 25%.

Menurut Ketua Asosiasi Perusahaan Jasa Pengiriman Indonesia (Asperindo) Yogyakarta, Marsudi kalau kiriman barang untuk bisnis online menjadi pelanggan terbesar bahkan sampai 80% pelanggan adalah pebisnis online.

Tingkat perekonomian DIY yang semakin membaik turut memberi andil. Pertumbuhan industri kreatif yang juga menarik minat pembeli dari luar DIY mengakibatkan jumlah pengiriman barang tumbuh subur. Jelas Marsudi

Menurutnya, saat ini, dalam sehari pengguna jasa ekspres yang dilayani dengan pesawat rata-rata mencapai 30-40 ton per hari. Sebagian besar pengiriman masih didominasi pengiriman domestik, karena biasanya pengiriman tujuan luar negeri dilayani menggunakan kapal laut.

“Kalau yang lewat darat, jumlahnya berkali-kali lipat dalam sehari, selain menggunakan kontainer, barang-barang tersebut juga dikirim dengan menggunakan truk-truk,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.