Tips aman kirim mobil memakai kargo

Menggunakan jasa cargo profesional untuk pengiriman mobil antar-pulau memang memudahkan urusan. Mereka bisa diandalkan untuk mengantarkan dan pengiriman mobil utuh dan selamat sampai di alamat tujuan. Namun sesuatu yang di luar dugaan tetap bisa terjadi di dalam perjalanan.

Jasa Pengiriman Mobil
pinterest.com/cargonesia

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum melakukan pengiriman mobil dengan tujuan Untuk mengurangi resiko kerusakan pada saat pengiriman mobil:

1. Singkirkan barang yang tidak perlu
Singkirkan barang-barang yang ada di dalam mobil dan juga di bagasi, terutama barang-barang pribadi yang cukup berharga. Banyak orang yang mengabaikan hal ini atau mungkin lupa untuk mengecek sebelum pengiriman mobil. Perusahaan asuransi tidak akan menanggung kerusakan / kehilangan barang-barang yang ada di dalam mobil karena barang-barang tersebut bukan termasuk dalam perjanjian. Selain itu lepaslah bagian-bagian dalam ( interior ) yang mudah lepas dan akan merusak bagian lain yang juga tidak ditanggung asuransi.

2. Cuci mobil dan foto
Cuci bodi mobil dengan hati-hati. Cuci dan periksa eksterior mobil yang akan dikirim. Catat dan perhatian tiap cacat/rusak yang sudah ada. Jika perlu, foto dan dokumentasikan, termasuk foto seluruh mobil dari berbagai sudut. Jika terjadi situasi yang tidak diinginkan pada waktu proses pengiriman mobil, dokumentasi foto itu bisa dipakai sebagai bukti klaim.

3. Periksa mesin
Pada waktu proses bongkar muat ada kalanya mobil mungkin harus dikendarai, jadi pastikan kondisi mesin dan sistem penggerak lainnya dalam kondisi baik. Periksalah bagian aki, ban, oli mesin, oli gearbox, gardan, pendingin, dll. Beritahukan kepada perusahaan yang melakukan pengiriman mobil, masalah yang mungkin muncul atau pernah dialami mobil sehingga mereka lebih siap.

Periksa juga isi bensin, sebaiknya isi bensin kurang dari separuh tangki karena karena semakin banyak bensin akan menambah berat mobil yang berarti menambah biaya pengiriman mobil.

4. Amankan eksterior
Ada bagian-bagian atau komponen-komponen yang mungkin bisa rusak atau lepas pada saat pengiriman mobil, jadi perlu diamankan atau dilepas. Komponen yang bisa dilepas sebaiknya dilepas, misalnya: kaca spion, weeper, dll.

5. Matikan Alarm
Yang terakhir, matikan alarm mobil. Kalau tidak tahu caranya, hubungi pemasangnya atau dealer mobilnya. Jika anda lupa tapi sudah pengiriman mobil, pastikan pengirimnya diberi tahu bagaimana cara me-non aktifkannya.

Ini adalah langkah-langkah yang perlu dan sebaiknya dilakukan sebelum pengiriman mobil. Hubungi perusahaan pengiriman untuk meminta penjelasan, persiapan khusus apa yang perlu dilakukan sebelumnya. Dan jangan lupa, pilih perusahaan penyedia jasa pengiriman mobil yang punya reputasi baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published.