Tarif jasa pengiriman barang

Jasa pengiriman barang menjadi salah satu layanan jasa yang cukup ‘booming’ saat ini. Dahulu pada umumnya pengiriman barang dalam skala besar lebih sering dilakukan oleh perusahaan yang memproduksi barang lalu mengirimkannya ke berbagai daerah. Sedangkan untuk perorangan, jasa pengiriman barang lebih banyak dilayani oleh PT.POS Indonesia. Dijaman modern saat ini, ternyata sudah cukup banyak bermunculan perusahaan jasa pengiriman barang. Semakin ramai dengan adanya teknologi internet, dimana orang banyak memanfaatkan transaksi jual beli online.

Ada beberapa keuntungan jika Anda menggunakan jasa pengiriman, salah satunya adalah Anda bisa menghemat biaya pengiriman, dan dijamin pengiriman barang menjadi sangat praktis serta cukup aman. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan jasa pengiriman barang, mungkin akan kesulitan untuk mengetahui berapa tarif jasa pengiriman barang pada perusahaan yang bersangkutan.

slider1

Padahal untuk perusahaan besar sudah dipastikan akan memiliki sistem untuk pengecekan tarif secara online via internet. Tentu ini menjadi kemudahan bagi konsumen sehingga mereka tidak perlu datang ke kantor hanya untuk menanyakan berapa biaya pengiriman dari kota A ke kota B. Berikut ini tutorial cara mengecek tarif jasa pengiriman barang dari layanan Pos Indonesia dan JNE:

• Pos Indonesia
Langkah pertama untuk melihat tarif jasa pengiriman barang adalah masuk ke situs resmi PT Pos Indonesia yang beralamat di http://www.posindonesia.co.id . Kemudian Anda harus masuk ke menu Layanan Pelanggan – Tarif Kiriman dan Anda bisa memilih Kiriman Pos Domestik, Internasional, Wesel Domestik, Internasional, serta Western Union. Sebagai contoh kita akan masuk ke Kiriman Pos Domestik, maka akan muncul fitur dalam kotak untuk mengetahui tarif.

Pertama Anda harus memilih kota asal, misalnya “Manado” dan kota tujuan adalah “Cilacap”. Isi pula berat kiriman, sebagai contoh adalah 1000 gram. Untuk dimensi dapat ditulis dapat tidak ditulis. Langkah terakhir adalah klik “Tampilkan Tarif”, maka secara otomatis akan muncul rincian biaya yang harus Anda keluarkan yakni sampai Rp 31.000.

Untuk kota asal dan kota tujuan lain dengan berat tertentu, Anda bisa memasukan sendiri yang sesuai. Cara ini sangat mudah dan efisien dari pada Anda harus pergi ke kantor Pos untuk menanyakan harga tarif jasa pengiriman barang.

• JNE
Selain Pos Indonesia, jasa pengiriman barang yang cukup banyak digunakan masyarakat umum adalah JNE. Sama seperti Pos Indonesia, JNE juga memiliki fasilitas pengecekan tarif secara online. Pertama Anda bisa masuk ke situs resmi JNE yang beralamat di http://www.jne.co.id/ . Anda akan melihat kolom “Check Our Tariff Now” dan itu adalah kolom untuk pengecekan biaya. Sama seperti diatas, Anda harus memasukan nama kota asal pengirim di kolom “From” sebagai contoh adalah Surabaya, lalu kolom “To” untuk kota tujuan sebagai contoh adalah Medan.

Kami contohkan berat barang adalah 2 Kg , kemudian Anda harus klik Submit dan masukan kode Captcha dan klik Submit sekali lagi. Secara otomatis Anda akan melihat rincian tarif dari 4 layanan JNE, dengan harga Rp 68.000 untuk layanan OKE, Rp.78.000 untuk layanan REG , Rp.330.000 untuk layanan SPS dan Rp.116.000 untuk layanan YES.

Untuk kota asal dan tujuan lain dengan berat tertentu bisa Anda masukan sendiri yang sesuai dengan cara sama.
Cara yang sangat mudah, dimana Anda bisa melakukan pengecekan sendiri sehingga bisa mengetahui berapa budget yang harus disediakan untuk mengirim barang. Pada umumnya, setiap layanan jasa pengiriman barang memiliki fasilitas pengecekan tarif yang hampir sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published.